Diberdayakan oleh Blogger.

Makanan Untuk Jantung Sehat

Makanan Untuk Jantung Sehat -  Anda dapat menjaga kesehatan jantung dengan cara mengkonsumsi makanan yang baik untuk jantung. Ikuti selengkapnya artikel ini untuk mengetahui, apa saja makanan yang baik untuk jantung anda.

Penyakit jantung adalah terhentinya aliran darah yang meskipun hanya sesaat yang menuju jantung dan mengakibatkan sebagian sel jantung menjadi mati. Penyakit ini menjadi penyakit nomor satu yang membunuh jutaan orang dewasa setiap tahunnya di dunia. Pemicu penyakit ini adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti rokok, konsumsi makanan kolesterol tinggi, kurang berolah raga, stress dan kurang istirahat. Penyakit jantung bisa dibedakan menjadi penyakit jantung koroner dan penyakti jantung bengkak. Cara paling baik untuk menghindari penyakit ini adalah dengan memilih makanan untuk penyakit jantung yang tepat.

Beberapa makanan untuk penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner adalah penyumbatan koroner, pembuluh darah koroner atau pembuluh besar tersumbat sementara dan biasanya menyebabkan sakit yang hebat walaupun hanya sebentar saja. Penyakit ini dapat dicegah dengang melakukan pola hidup sehat, seperti berhenti merokok, menghindari stress dan memakan makanan sehat. Adapun beberapa makanan untuk penyakit jantung koroner adalah

  • Makanan yang mengandung asam folat seperti sari jeruk, brokoli, kacang merah, dan juga bayam.
  • Makanan yang banyak mengandung vitamin B6 dan vitamin E seperti pisang, daging ayam tanpa lemak, alpukat, beras merah, gandum, kacang-kacangan, dan juga minyak sayur.
  • Makanan yang banyak mengandung beta karoten, lycopene dan juga kaya serat karena mampu mengurangi kadar kolesteroldan mengurangi resiko penyakit jantung koroner, seperti wortel, tomat, dan juga sayuran hijau.
  • Makanan yang banyak mengandung flavonoid yang dapat diperoleh dari buah anggur, apel, bawang dan juga teh.
  • Makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah seperti ikan tuna, sarden, makarel, atau lemusu. 
Jika Anda penderita jantung koroner, perhatikan makanan Anda agar memakan makanan dengan asupan lemak hanya 30 persen saja dari total kalori. Sedangkan untuk karbohidrat, usahakan agar memenuhi 50 persen hinga 60 persen dari total asupan kalori.

Ragam makanan untuk penyakit jantung bengkak

Pembengkakan pada jantung merupakan bagian dari penyakit jantung. Penyakit ini disebabkan oleh jarangnya tubuh melakukan olahraga, mengalami kelainan jantung sejak lahir, memiliki otot jantung yang lemah, adanya tekanan darah yang tinggi, dan rusaknya katup jantung. Cara untuk melakukan pencegahan pada penyakit ini adalah dengan berolah raga guna melatih otot jantung dan memakan beberapa makanan untuk penyakit jantung bengkak. Makanan tersebut, diantaranya adalah :

  • Tomat merupakan antioksidan dalam tubuh sehingga racun dapat dikeluarkan dari dalam tubuh.
  • Bawang putih yang diyakini dapat meredakan nyeri jantung di awal dan juga meningkatkan kesehatan fungsi organ jantung secara keseluruhan.
  • Kacang-kacangan seperti almond dan kacang tanah yang berfungsi untuk sebagai alat untuk meminimalisir pembesaran pada otot jantung dan menjaga kesehatan jantung.

Makanan untuk penyakit jantung yang harus dihindari adalah seafood, daging berlemak, jeroan, bebek dan juga makan yang mengandung kolesterol tinggi. Selain itu usahakan juga untuk hidup seimbang antar bekerja, berolahraga dan beristrahat
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makanan Untuk Jantung Sehat"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top