Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung - Cara yang mudah untuk membuat jantung anda tetap sehat. Tips ini dapat anda lakukan dan anda dapat melihat hasilnya.

Stres meningkatkan tekanan darah dan resiko penggumpalan, serta membuat tubuh melepaskan hormon kortisol yang dikaitkan dengan penyakit diabetes tipe dua dan hipertensi. Sebuah penelitian di Belanda menyebutkan bahwa orang-orang berusia 65 hingga 85 yang selalu memiliki rasa optimis dan berpikiran positif ternyata mampu menurunkan risiko kematian karena penyakit kardiovaskular hingga 23%.

Beberapa cara sederhana berikut ini semoga bisa membahagiakan Anda dan menyehatkan jantung Anda:

Perbanyak kegiatan spiritual. 

Penelitian menunjukan bahwa menghadiri acara-acara keagamaan bisa menormalkan denyut jantung Anda dan mengurangi stres. Cara lain adalah dengan menyendiri dan melakukan meditasi. Manfaatkan waktu Anda hanya untuk berbicara kepada Tuhan dari hati dengan berkontemplasi. Berwisata mengunjungi tempat-tempat indah atau mengekspresikan diri Anda secara kreatif pun bisa memiliki efek yang sama.

Tahan amarah. 

Rasa marah bisa mengecilkan pembuluh darah, jantung berdetak kencang serta mengentalkan dan menggumpalkan darah. Saat berhadapan dengan situasi yang membuat Anda stres dan frustrasi, cobalah hitung sampai sepuluh (cara itu akan mengubah otak Anda dari emosional menjadi berpikir rasional), ambil napas dalam-dalam dan jangan ladeni orang yang menjengkelkan.

Fokus dan selesaikan. 

Selesaikan satu pekerjaan dalam satu waktu. Jangan pernah melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. 

Hindari menonton berita. 

Lupakan berita-berita atau kabar-kabar buruk di televisi dalam waktu seminggu saja. Suasana hati Anda akan menjadi lebih baik.

Kontrol perasaan. 

Perasaan yang berlebihan terhadap sesuatu, seperti ”pekerjaan ini rasanya akan membuat saya mati,” akan meningkatkan emosi Anda.

Tertawa. 

Kegiatan itu akan membuat pembuluh darah Anda lebih rileks dan meningkatkan aliran darah hingga 25 persen.

Tidur cukup. 

Menurut Warwick Medical School, wanita yang tidur sebanyak lima jam atau kurang dalam sehari berisiko dua kali lipat terkena hipertensi daripada mereka yang tidur tujuh jam atau lebih.

Minum dan bersenang-senang. 

Coba minum satu atau dua sloki minuman beralkohol — tetapi jangan berlebihan.
Dengarkan musik riang. Dilihat dari hasil pemindaian melalui ultrasound, musik bernada riang dapat melebarkan arteri hingga 26 persen.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top